Tarrega lahir pada tanggal 21 November 1852, di Villarreal, Castellón, Spanyol. Konon bahwa ayahnya Francisco bermain flamenco dan beberapa jenis musik lainnya pada gitar Nya, ketika ayahnya sedang pergi bekerja sebagai penjaga di Biara San Pascual, tarrega kecil mengambil gitar ayahnya dan berusaha untuk membuat suara yang indah yang ia dengar. Francisco dijuluki sebagai seorang anak “Quiquet”

Ketika keluarganya pindah ke Castellón, tarrega kecil itu terdaftar di kelas musik. Kedua guru musik pertamanya, Eugeni Ruiz dan Manuel González, buta.

Pada tahun 1862,  gitaris Julián Arcas, tur di Castellón, mendengar permainan Tarrega muda Julian Arcas menyarankan ayahnya untuk memungkinkan Francisco Tarrega untuk datang ke Barcelona untuk belajar dengan dia. ayahnya Tarrega setuju, tapi bersikeras bahwa anaknya mengambil pelajaran piano juga. Gitar pada saat itu dipandang sebagai instrumen untuk pengiring penyanyi, sedangkan piano itu semua di gemari seluruh Eropa. Namun, Tarrega harus menghentikan pelajaran, ketika Arcas berangkat tur konser di luar negeri. Meskipun Tarrega berusia sepuluh tahun, ia melarikan diri dan mencoba untuk memulai karir musik sendiri dengan bermain di rumah-rumah kopi dan restoran di Barcelona. Dia segera setelah ditemukan dan dikembalikan ke ayahnya, yang harus membuat pengorbanan besar untuk memajukan pendidikan musik anaknya.

Tiga tahun kemudian, pada tahun 1865, dia melarikan diri lagi, kali ini ke Valencia dimana ia bergabung dengan sekelompok gipsi. Ayahnya mencari dia dan membawanya kembali ke rumah sekali lagi, tetapi dia melarikan diri ketiga kalinya, lagi ke Valencia. Pada usia remaja , Tarrega telah mahir dalam bermain piano dan gitar. Selama beberapa waktu dia bermain dengan musisi yang lainnya untuk mendapatkan uang, tetapi akhirnya yang kembali ke rumah untuk membantu keluarganya.

Tarrega konser di Konservatorium Madrid pada tahun 1874, di bawah sponsor seorang pedagang kaya bernama Antonio Canesa. Dia membawa bersamanya gitar yang baru dibeli, dibuat di Seville oleh Antonio de Torres. Kualitas unggulannya sonic terinspirasi dirinya baik dalam bermain dan dalam pandangannya potensi komposisi instrument. Pada konservatorium, Tarrega belajar komposisi di bawah Emilio Arrieta yang meyakinkan dia fokus dengan gitar dan meninggalkan karir piano.

Pada akhir tahun 1870-an, Tarrega sedang mengajar gitar (Emilio Pujol dan Miguel Llobet serta Daniel Fortea 1878-1953 adalah murid-nya) dan memberi konser musik reguler. Tarrega mendapat pengakuan banyak untuk bermain dan mulai melakukan perjalanan ke daerah lain di Spanyol. Pada saat ini ia menulis karya pertamanya untuk gitar, di samping itu dia juga bermain karya -karya komposer lain.

Selama musim dingin 1880, Tarrega digantikan temannya Luis de Soria, dalam sebuah konser di Novelda, Alicante, di mana, setelah konser, orang penting di kota itu meminta artis untuk mendengarkan putrinya, María José Rizo, yang belajar bermain gitar

Pada tahun 1881, Tarrega bermain di Teater Opera di Lyon dan kemudian Odeon Paris, dalam peringatan dua abad kematian Pedro Calderón de la Barca. Dia juga bermain di London, tetapi Dia tidak suka bahasa maupun cuaca. Ada sebuah cerita tentang kunjungannya ke Inggris. Setelah konser, beberapa orang melihat bahwa tarrega dalam keadaan mabuk. “Ada apa, maestro?” mereka bertanya kepadanya. “Apakah kau merindukan keluarga Anda,? mungkin?” Mereka menyarankannya untuk mengambil momen kesedihan itu dalam musiknya. Dengan demikian dia menyusun salah satu karya yang paling mengesankan, Lágrima (yang berarti titik air mata). Setelah bermain di London ia kembali ke Novelda untuk pernikahan nya. Pada Natal 1882 Tarrega menikah dangan María José Rizo.

Untuk memperluas repertoar gitarnya, ia segera mulai menyalin karya-karya piano dari Beethoven, Chopin, Mendelssohn dan lain-lain, dan, tak diragukan lagi, untuk memanfaatkan pengetahuan yang cukup tentang musik keyboard. Tarrega dan istrinya pindah ke Madrid, memperoleh kehidupan mereka dengan mengajar privat dan mengadakan konser musik, tetapi setelah kematian seorang anak perempuannya selama musim dingin, Maria Josefa de los Angeles Tarrega Rizo, mereka menetap permanen di Barcelona pada 1885. Di antara teman-temannya di Barcelona adalah Ishak Albéniz, Enrique Granados, Joaquín Turina dan Pablo Casals.

Francisco Tarrega dan María José (María Josefa) Rizo memiliki tiga anak lagi. Paquito (Francisco), Maria Rosatia (María Rosalia) (terkenal karena Marieta) dan Concepción. Pada tur konser di Valencia tak lama setelah itu, Tarrega bertemu dengan seorang janda kaya, Conxa Martinez, yang menjadi patron berharga baginya. Dia dan kelarganya diizinkan tinggal di sebuah rumah di Barcelona, dimana ia bisa menulis sebagian besar karyanya yang paling populer. Kemudian ia membawanya ke Granada, dimana ia menyusun karyanya yang terkenal itu “Recuerdos de la Alhambra”, yang didedikasikan untuk temannya Alfred Cottin, seorang Prancis yang telah mengatur  konser musiknya di Paris.

Dari tahun 1880-an terakhir sampai dengan 1903, Tarrega terus menyusun komposisi, tetapi terbatas konser musik ke Spanyol. Pada tahun 1900 Tarrega mengunjungi Argel, dimana Dia mendengar irama berulang dari Arab drum. Pagi berikutnya ia menyusun Danza Mora berdasarkan ritme itu. Pada sekitar tahun 1902, Dia memotong kuku dan menciptakan suara yang akan menjadi khas dari gitaris yang terkait dengan sekolahnya. Tahun berikutnya Dia pergi tur ke Italia, memberikan konser musik yang sangat sukses di Roma, Napoli, dan Milan.

Pada bulan Januari 1906, ia menderita kelumpuhan pada sisi kanannya, dan meskipun Dia akhirnya bisa kembali ke panggung konser, Dia tidak pernah benar-benar pulih. Dia menyelesaikan pekerjaan terakhir, Oremus, pada tanggal 2 Desember 1909. Dia meninggal di Barcelona tiga belas hari kemudian, pada tanggal 15 Desember, pada usia 57.

Karya Francisco Tarrega:

  • Capricho árabe (Arab Capriccio)
  • La alborada (Aubade)
  • Gran jota (Great Jota)
  • Tango
  • El columpio (The Swing)
  • María (Maria)
  • Marieta (Marieta)
  • Adelita (Adelita)
  • Rosita (Rosita)
  • Gran vals (Great Valse/Nokia Tune)
  • Danza odalisca (Odalisque Dance)
  • Pavana (Pavane)
  • Paquito (Paquito)
  • Pepita (Pepita)
  • Danza mora (Moor Dance)
  • Valse en re (Valse in D)
  • Recuerdos de la Alhambra (Memories from La Alhambra)
  • Mazurca en sol (Mazurka in G)
  • Minueto (Minuet)
  • Estudio sobre una sonatina de Alard (Study on a Sonatina by Alard)
  • Isabel (Isabel)
  • La mariposa (The Butterfly)
  • Estudio sobre un estudio de Cramer (Study on a Study by Cramer)
  • Sueño-mazurca (Dream-Mazurka)
  • Las dos hermanas (The Two Sisters)
  • Variaciones sobre El Carnaval de Venecia de Paganini (Variations on Paganini’s The Carnival of Venice)
  • Preludio en re (Prelude in D)
  • Preludio en mi (Prelude in E)
  • Preludio en la menor (Prelude in A minor)
  • Preludio en sol (Prelude in G)
  • Preludio en mi (Prelude in E)
  • Preludio en re (Prelude in D)
  • Preludio en sol (Prelude in G)
  • Preludio en la menor (Prelude in A minor)
  • Lágrima (Tear)
  • Preludio en re menor (Prelude in D minor)
  • Preludio en la (Prelude in A)
  • Preludio en la (Prelude in A)
  • Preludio en si menor (Prelude in B minor)
  • Preludio en mi (Prelude in E)
  • Preludio en fa sostenido menor (Prelude in F sharp minor)
  • Preludio en re (Prelude in D)
  • Endecha (Planh|Endecha)
  • Oremus (Oremus)
  • Preludio en la (Prelude in A)
  • Preludio en do (Prelude in C)
  • Preludio en mi menor (Prelude in E minor)
  • Preludio en la (Prelude in A)
  • Preludio en la menor (Prelude in A minor)
  • Preludio en la (Prelude in A)
  • Preludio en la menor sobre Tres piezas cortas, no. 2, de Schumann (Prelude in A minor about Three Short Pieces, no. 2, by Schumann)
  • Estudio en forma de minueto (Study in the Shape of a Minuet)
  • Estudio sobre un tema de damas (Study on a Feminine Issue)
  • Sueño (trémolo) (Dream (Tremolo))
  • Estudio en sol (Study in G)
  • Estudio sobre una sonatina de Prudend (Study on a Sonatina by Prudend)
  • Estudio de velocidad (Speed Study)
  • La Etide (mi bemol) (La Etide (E flat))
  • Mazurca sobre un tema anónimo español (Mazurka on an Anonymous Spanish Theme)
  • Transcription of Barcarola veneziana, No. 1, de Mendelssohn (Transcription of Mendelssohn’s Venetian Boat Song)
  • Fantasía sobre La Traviata de Verdi (Fantasy on Verdi’s La Traviata)